Inilah Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia

Sumber foto: BBC.com

Sumber foto: BBC.com

China membangun jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia di Pegunungan Zhangjiajie. Bangunan tersebut terinspirasi dari film terlaris Amerika, Avatar.

Jembatan dibangun sepanjang 430 meter dan 300 meter di atas bumi. Jembatan ini menghubungkan dua tebing gunung di Taman Zhangjiajie di Provinsi Hunan, China tengah.

Jembatan ini dibangun dengan lebar enam meter dan terbuat dari 99 panel kaca bening serta mampu menyeberangkan 800 orang di waktu yang sama. Nantinya jembatan ini akan menjadi destinasi wisatawan yang populer di China.

Wisatawan dapat berjalan di atas jembatan kaca yang bening ataupun yang sudah dilapisi penutup bagi yang takut ketinggian. Jembatan ini dirancang arsitek Israel Haim Dotan dan dapat digunakan untuk bungee jumping dari atas.

“Kami ingin merasakan kekaguman naik jembatan tersebut. Aku tidak takut, tampaknya aman,” kata Wang Min, pengunjung yang mengajak anak dan suaminya.

Pihak berwenang di Zhangjiajie pun mengklaim jembatan aman karena memiliki struktur tingkat tinggi. Ia pun tidak mengkhawatirkan kejadian jembatan kaca retak saat insiden di Gunung Yuntai di Henan Utara pada 2005.

Pihak pengelola pun mendatangkan media, termasuk mengajak orang-orang berjalan sekaligus membawa palu godam untuk menghancurkan kaca tersebut atau sambil mengendarai mobil di atasnya.

“Pengunjungnya ramai sekali dan agak berantakan. Namun berjalan di atas jembatan setinggi 300 meter menjadi pengalaman unik,” kata Lin Chenglu yang datang bersama teman-temannya.

Pihak pengelola hanya mengizinkan 8.000 pengujung setiap hari melewati jembatan ini. Wisatawan harus memesan tiket satu hari sebelumnya dengan harga 138 yuan (US$ 20 atau sekitar Rp 260 ribu).

Kamera dan tongkat narsis (tongsis) dilarang. Begitu juga yang mengenakan stiletto dan orang-orang berpenyakit vertigo.

Ilustrasi stiletto. Sumber foto: www.2luxury2.com

Ilustrasi stiletto. Sumber foto: www.2luxury2.com

Pemerintah setempat menyatakan, salah satu puncak Taman Zhangjiajie terinspirasi dari gunung mengambang yang muncul di film terlaris Amerika, Avatar.

Seorang fotografer Hollywood mengunjungi daerah ini pada 2008 dan mengambil beberapa gambar untuk digunakan sebagai ilustrasi film Avatar.

Sumber: AFP

Share This :

,
5 comments to “Inilah Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia”
  1. Pembuat panel kaca menjamin, kaca tersebut masih mampu menahan bobot 30 orang yang melompat-lompat bersama sekaligus. Kekuatan itu dicapai dengan tiga lapisan kaca khusus setebal satu setengah centimeter yang disatukan hingga tetap melekat meski retak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *