Bos Mobil Pintar Google Mundur

Sumber: Jkt.life.com

Sumber: Jkt.life.com

Chief Technology Officer untuk mobil tanpa awak (mobil pintar) Google, Chris Urmson mengumumkan mundur dari perusahaan. Dalam sebuah blog, ia menyatakan telah memimpin tim mobil otonom dan membantu membuat lompatan penelitian pengembangan.

Ia bersiap menerima tantangan baru namun tidak menjelaskan tantangan apa yang dimaksud. “Saya memiliki keyakinan misi tersebut bisa ditangani oleh orang yang lebih mampu,” kata Urmson.

“Ini telah menjadi hak istimewa dan kehormatan bagi saya telah menjadi bagian dari tim yang berada di garis depan membawa teknologi yang menyelamatkan jiwa di dunia.”

Urmson bergabung dalam proyek rahasia Google di California dan sedikit lebih maju dibandingkan tahun lalu. Mobil otonom ini menjadi ide dari visi besar yang dikejar X Lab di Google saat itu.

Chris Urmson. Foto: slashgear.com

Chris Urmson. Foto: slashgear.com

Urmson sebelumnya telah menjadi seorang ilmuwan di tim mobil pintar Carnegie Mellon University yang sekaligus menjadi pesaing Defense Advanced Research Projects Agency, sebuah perusahaan yang berhubungan dengan militer AS dan berfokus pada teknologi baru.

Media AS melaporkan, Urmson mungkin telah senang dengan lintasan proyek sejak ia dipekerjakan di industri mobil tahun lalu dan masuk ke perusahaan Google.

“Ia telah menjadi kekuatan penting bagi proyek tersebut, membantu tim bergerak dari tahap penelitian ke titik teknologi itu bisa hemat dan mampu menjadi kenyataan,” kata juru bicara Google Johnny Luu.

Luu mengatakan, Urmson berangkat dari keinginan Google. Ia pun tidak mengomentari jika ada laporan yang mungkin bentrok dengan bos tim baru.

Google telah mendorong mobil otonom sekitar 1,5 juta mil (2,4 juta kilometer) dengan hanya beberapa kecelakaan kecil. Mei lalu, Google mengumumkan rencana mobil pintar mampu diuji coba di Detroit.

“Pengujian mobil akan bekerja sama dengan Fiat Chrysler, termasuk mendatangkan insinyurnya. Kerja sama tersebut memungkinkan Google dan mitranya mampu lebih mengembangkan dan menyempurnakan teknologi mobil pintar,” kata pernyataan Alphabet, induk perusahaan Google.

Google akan menciptakan 100 mobil pintar tersebut tahun depan bekerja sama dengan Chrysler Pacifica. Kolaborasi dengan Fiat Chrysler menandai pertama kali raksasa internet telah bekerja secara langsung dengan produsen mobil untuk membangun mobil pintar tanpa awak tersebut.

Google telah menguji teknologi mobil pintar sejak 2009 menggunakan Toyota Prius dan dilengkapi dengan peralatan Google. Kini Google memiliki sekitar 70 mobil pintar, termasuk Lexus yang diadaptasi Google pada 2014.

Sumber: AFP

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *