McDonald’s Ungguli KFC

Picture by www.funnyjunk.com

Picture by www.funnyjunk.com

McDonald’s mengungguli kinerja Yum Brands yang menaungi merek KFC dan Pizza Hut di China. Kinerja penjualan McD pada kuartal IV-2015 naik empat persen dan Yum Brands turun 0,4 persen setelah dua tahun stagnan. Penurunan bisnis Yum pertama kalinya di China.

Dari segi outlet, Yum masih menjadi restoran cepat saji di China tapi McD memiliki satu keuntungan karena masyarakat sangat sensitif terhadap ayam, khususnya setelah terkena skandal ayam basi.

“Mendengar semua rumor tentang ayam, saya sekarang sangat jarang pergi ke KFC atau makan sayap ayam di McD,” kata Yang Luo (26 tahun), seorang manajer penjualan di Shanghai. “Hamburger baik-baik saja.”

Picture by bridlekitchen.com

Picture by bridlekitchen.com

“Setelah ketakutan makanan akibat skandal itu, saya dan keluarga tidak pergi untuk waktu yang lama ke restoran makanan cepat saji,” kata Zhao Ruoqing (24 tahun), mahasiswa di kota China barat Chengdu.

“Saya tidak yakin bisa kembali ke restoran cepat saji tapi saya sekarang ke McD ketika saya sedang terburu-buru karena lebih suka suasananya,” kata Zhao. Ia lebih senang McD karena lebih memertahankan rasa otentik restoran Amerika.

Belum ada analisis terkait kenaikan penjualan McD di tengah pelemahan ekonomi China.

Analisis Reuters, penjualan McD lebih cepat pulih dibandingkan Yum meski keduanya juga bangkit dari skandal pangan yang terjadi sejak 2012. Yum dihadapkan pada pemisahan bisnis (spin off) di masing-masing negara khususnya China akhir tahun ini.

Pejabat McD dan Yum China tidak menanggapi permintaan komentar. “Skandal telah menjebak KFC lebih dari McD di benak konsumen,” kata analis China Market Research Group James Roy.

Sumber: Reuters

Share This :

4 comments to “McDonald’s Ungguli KFC”
  1. Kok bisa ada skandal ayam basi ya. Berarti staf2nya nggak menjalankan pekerjaannya sesuai standar. Saya pernah pesan salad di KFC dan ternyata kolnya rasanya aneh, nggak seperti biasa. Saya share ke manajernya & semua salad langsung ditarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *