Kasper Rorsted, Bos Baru Adidas

Henkel-Hr-Kasper-Rorsted.jpg

Perusahaan pakaian olahraga Jerman, Adidas telah menunjuk Kasper Rorsted sebagai CEO Adidas. Ia sebelumnya menjadi bos Henkel, perusahaan yang menghasilkan barang konsumen dan menjadi pesaing Unilever, Procter & Gamble, dan Reckitt Bencisker.

Rorsted akan meninggalkan Henkel pada April dan mengambil alih Adidas pada 1 Oktober. Ia akan menggantikan Herbert Hainer (61 tahun) yang telah memimpin Adidas sejak 2001 dan menjadi bos terlama di sebuah perusahaan terkemuka Jerman.

Saham Adidas melonjak 9,8 persen, kenaikan terbesar dalam satu hari sejak tujuh tahun terakhir. Saham Henkel turun 3,8 persen.

Saat kepemimpinan Hainer, pangsa pasar Adidas telah kalah dibandingkan Nike, terutama di pasar utama AS. Investor ingin menunjuk bos dari calon eksternal karena memungkinkan mengambil keputusan sulit untuk mendongkrak profitabilitas dan menjual produk di luar bisnis inti.

kasper-rorsted-01

Sejak Rorsted mengambil alih Henkel pada 2008, saham pembuat produk perawatan rambut Schwarzkopf dan lem Loctite ini telah melonjak tiga kali lipat. Penjualan tahunannya juga melonjak dan tahun lalu diperkirakan mencapai 18 miliar euro.

Pada November lalu, Henkel membukukan kenaikan laba kuartal III lebih besar karena penjualan di Amerika Utara dan Rusia serta mengimbangi pelemahan bisnis perekat di China.

Rorsted dinilai memiliki reputasi memangkas biaya restrukturisasi meski ia menghadapi tantangan besar di Amerika Serikat, pasar terbesar perusahaan, khususnya dari Unilever dan P&G.

Rorsted dikenal sebagai pemain ski dan penggemar klub sepakbola Bayern Munich. Menikah dengan empat anak dan keluarganya sudah berada di Munich.

Sumber: Reuters

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *