Honda Siapkan Pesaing BMW-Audi

Honda Acura NSX by YouTube.com

Honda Acura NSX by YouTube.com

Honda Motor Co akan merilis mobil sport utility vehicle (SUV) kecil tahun ini di China untuk menyaingi pasar BMW dan Audi. Caranya dengan menghidupkan kembali merek Acura.

Strategi tersebut menjadi tantangan terbesar dari CEO Honda Takahiro Hachigo yang memegang kendali sejak tahun lalu. Merek Acura telah berjuang mengukir identitas yang jelas sebagai mobil mewah berperforma tinggi.

Sejak memasuki China sedekade lalu, Acura telah berjuang menjual lebih dari 4.000 unit mobil tahun lalu. Padahal BMW di periode sama mampu menjual 460 ribu unit dan Audi 554 ribu unit.

Honda Acura. Sumber: thehackernews.com

Honda Acura. Sumber: thehackernews.com

Di Amerika Serikat, merek Acura memulai debut sejak tiga dekade lalu namun penjualannya gagal di atas 201 ribu unit hingga 2006.

Lembaga konsultan industri IHS menyebut, penjualan Acura tahun lalu hanya 179 ribu unit, kurang dari setengah penjualan BMW dan Toyota Motor.

Honda menyatakan, kebangkitan industri akan dimulai pertengahan tahun ini. Honda menggandeng pabrik mobil Guangzhou Automobile Group.

Acura terbaru dijanjikan lebih ekspresif karena diproduksi insinyur muda dan dirancang sejak empat tahun lalu. “Kami tidak memiliki merek yang kuat selain Acura di China. Langkah kami berikutnya bisa mendorong perusahaan sukses atau malah sebaliknya,” kata salah satu sumber.

Juru bicara Honda di Beijing menyatakan, Acura baru sedang dikembangkan khusus untuk pasar China dan menunjukkan komitmen perusahaan untuk pasar tersebut.

Salah satu sumber menyebut, penjualan Acura di China diharapkan bisa mencapai 30 ribu dari SUV yang baru dirilis setahun terakhir.

Untuk mobil di luar Acura, Honda belum berani merilis sebelum Autoshow di Beijing April depan. Apalagi Acura juga harus dipamerkan di Detroit.

Ditanya hal terkait, juru bicara Honda di California Jessica Fini menolak berkomentar. Namun Honda akan merilis mobil model baru yang diperkenalkan pada Autoshow Detroit dan menjadikan mobil ini masa depan Honda.

Salah satu sumber menyebut, desain mobil baru Honda kini tak ada yang baru dan terlalu monoton. “Desainnya terlalu umum. Di mana letak keunikannya,” katanya yang enggan disebut namanya.

“Jika Anda ingin menjadikan merek berorientasi pada kinerja, Anda tidak harus tampil sebagai badut. Anda harus serius, bahkan lebih berarti.”

Acura baru di China dinyatakan akan dirancang lebih mewah dan kaya fitur, seperti mesin empat silinder turbo, transmisi otomatis 10 kecepatan, karakter lebih hidup, dan akan menjadi pesaing BWM X1 dan Audi Q3.

Honda ingin Acura bersaing lebih baik di pasar China yang lebih kecil untuk kalangan SUV premium. Acura hanya dijual di China dan Amerika Serikat dengan ketersediaan terbatas di Kanada dan beberapa negara lainnya.

“Ini aneh bagi Honda untuk terlalu masuk lama di segmen ini. Ini bukan seolah-olah Acura tidak memiliki warisan desain. Mereka memiliki legenda yang bagus, sama seperti BMW-nya Jepang,” kata konsultan Honda Tokyo studi desain di Shanghai, Bumsuk Lim.

Sumber: Reuters

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *