Hisense PureShot+, Ponsel Andal Tampilan Menawan

ponsel hi

Belum banyak masyarakat mengetahui merek Hisense sebagai merek sebuah ponsel. Padahal produsen ponsel asal China ini sudah malang melintang memproduksi perangkat berkualitas dengan harga murah. Dua produk barunya bisa dilihat di sini:

Bila masyarakat ditanya apakah mengetahui ponsel Andromax besutan Smartfren? Tentu masyarakat akan langsung mengetahuinya.

Ya, beberapa ponsel Andromax merupakan produksi Hisense. Namun merek Hisense sengaja “disembunyikan” untuk menonjolkan merek Andromax.

Kini, Hisense unjuk kebolehan di Tanah Air dengan mengeluarkan dua ponsel sekaligus, Hisense PureShot dan Hisense PureShot+. Hisense berani memakai nama merek sendiri karena mengedepankan kualitas.

Seiring dorongan pemerintah mendukung jaringan 4G Long Term Evolution (LTE), Hisense pun merilis ponsel yang sudah mengadopsi teknologi internet berkecepatan tinggi itu.

Di sini, saya membahas ponsel Hisense PureShot+ karena memiliki beragam keistimewaan. Apa saja?

DESAIN

Sekilas ponsel ini memiliki desain fisik mirip iPhone 5, khususnya di bagian sudut-sudut yang membulat serta tombol Home di bagian bawah layar. Di sampingnya ada tombol kembali di kanan dan aplikasi recent App di kiri.

Di bagian bawah ponsel, desain speaker pun mengadopsi perangkat milik Apple, yakni iPhone 6 dan colokan daya ada di tengah.

hi colokan

Di sisi kanan ponsel ada tombol volume dan on/off. Di bagian atas terdapat port 3,5 mm audio untuk mencolokkan earphone atau headphone.

Di belakang terdapat kamera dan lampu kilat dual LED. Logo Hisense berada di tengah casing.

Untuk casing belakang masih menggunakan bahan plastik. Namun jangan khawatir karena rangka ponsel sudah mengadopsi bahan logam sehingga tidak khawatir mudah bengkok.

hi casing

LAYAR

Hisense membekali perangkat ini dengan layar berjenis IPS 2,5D Corning Gorilla Glass 3 berukuran 5,5 inci yang tahan goresan, dan gesekan hingga tiga kali lipat dari layar generasi sebelumnya. Layar tersebut sedikit lebih besar dari PureShot yang hadir dengan layar 5 inci.

hi layar

Layar yang besar kini cukup diminati masyarakat Indonesia, khususnya cukup lega untuk menonton video, bermain game, atau multitasking aplikasi.

Layar PureShot+ mendukung resolusi 1.280 x 720 piksel dengan tingkat ketajaman 267 piksel per inci.

Dengan resolusi dan tingkat kerapatan layar, perangkat ini mampu menghasilkan gambar yang tajam.

JARINGAN

Hisense PureShot+ mendukung jaringan 4G LTE dari semua operator seluler di Indonesia, yaitu FDD Band 2 (1.900 MHz), 3 (1.800 MHz), 5 (850 MHz), 8 (900 MHz), dan TDD band 40 (2.300 MHz).

Jadi jangan khawatir ponsel ini tidak dapat digunakan untuk operator tertentu. Misalnya, Smartfren menggunakan TDD band 40 dan FDD band 5. Operator seluler lainnya menggunakan FDD band 3 dan 8.

Bagi yang sering gonta-ganti operator, Hisense PureShot+ memiliki dua slot SIM Card sehingga memudahkan pengguna dalam memakai layanan operator telekomunikasi yang paling disukai.

ANTARMUKA

Hisense PureShot+ memakai sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop. Sistem tersebut dipercantik dengan tampilan antarmuka buatan Hisense yang dinamakan Vision 2.0.

Hisense menyediakan dua jenis tampilan pada Vision 2.0, tampilan standar dan sederhana.

Tampilan standar memerlihatkan antarmuka Android pada umumnya. Namun yang sederhana membuat tampilan perangkat bergaya kotak-kotak mirip Windows Phone. Bedanya, pengguna tidak bisa mengatur ukuran kotak.

hi vision

Uniknya, antarmuka Vision 2.0 ini tidak menyediakan App Drawer yang biasa ditemukan di Android lain. Hisense sudah meniadakannya sehingga semua aplikasi akan langsung tertata di halaman depan ponsel. Tampilannya ini mengasyikkan dan tidak memicu kerumitan bagi pengguna, terlebih pemakai pemula.

KINERJA

Hisense PureShot+ dibekali chipset Snapdragon 615 dan prosesor octa-core Cortex A53 (4 x 1 GHz dan 4x 1,5 GHz), GPU Adreno 405, dan RAM 2 GB.

Dengan kombinasi hardware itu, kinerja ponsel sama sekali tidak mengecewakan saat digunakan, khususnya bermain game.

Untuk multitasking seperti membuka web lalu copy-paste dan mengetik di aplikasi WPS Office bisa dilakukan dengan cepat.

Layar perangkat yang lega mendorong desain papan ketik virtual yang dihadirkan perangkat tersebut juga membesar. Akibatnya, mengetik lebih mudah dan typo jarang terjadi.

Begitu pula pemakaian medis sosial seperti Path, Instagram, Twitter, Facebook, atau Periscope yang bisa berjalan tanpa force closed atau freeze saat digunakan.

Ponsel ini ditenagai baterai Lithium ion berkapasitas 2.500 mAh yang mampu menopang pemakaian hingga 8-10 jam, khususnya pemakaian normal seperti media sosial, browsing, mengetik, pesan instan dan flash.

Namun bila digunakan unuk bermain game atau menonton video, Hisense PureShot+ akan bertahan sekitar 5 jam 20 menit. Pengisian daya memakan waktu sekitar dua jam.

MEMORY

Hisense PureShot+ memiliki media penyimpanan internal sebesar 16 GB. Jika ingin menambah kapasitas tersebut, pengguna bisa menggunakan kartu memori microSD hingga 128 GB, lebih dari cukup untuk menyimpan video, musik, dan foto.

KAMERA

Hisense menyematkan kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel bagi seri PureShot+ ini. Uniknya, Hisense melengkapi dengan lampu flash LED yang memungkinkan foto lebih terang, khususnya saat digunakan pada minim cahaya.

Sebagai pemanis, Hisense PureShot+ memiliki sejumlah fitur kamera antara lain High Dynamic Range (HDR), Panorama, Macro, Beauty, Audio Note, Baby Mode, Night, Night Potrait, dan PPT Mode.

Fitur mode yang menarik yaitu Baby Mode yang memungkinkan mengeluarkan berbagai jenis bunyi yang dijamin mendorong anak kecil menengok ke arah kamera. Setelah menengok, secara otomatis kamera akan mengambil gambar.

Berikut foto-foto hasil jepretan dari Hisense PureShot+:

foto hisense 1

foto hi 2

foto hi 3

foto hi 4

foto hi 5

SPEAKER

Salah satu fitur yang juga diunggulkan dalam ponsel ini yaitu teknologi Dolby Sound yang mampu menghasilkan suara kencang dan menggelegar untuk menonton video, apalagi film aksi.

hi dolby

Ponsel ini akan semakin mantap bila mendengarkan musik atau menonton video dengan memakai earphone atau headphone.

KESIMPULAN

Hisense PureShot+ menjadi salah satu ponsel andal untuk bersaing dengan kompetitor, khususnya di rentang Rp 3,1 juta.

Salah satu yang menjadi andalan yaitu dukungan jaringan 4G LTE, kamera yang memuaskan, layar yang lebar dan kualitas speaker yang membahana, khususnya dukungan dari Dolby Sound.

hi spek

Dari dukungan, Hisense memiliki forum pengguna yang menyuguhkan informasi terbaru tentang Hisense, baik produk, pengguna, hingga keluhan pemakaian. Komunitas ini semakin mendekatkan antara produsen dan antarpemakai sehingga memberi kenyamanan bagi pengguna.

Dari sisi desain, ponsel ini tak terkesan murahan meski berbalut plastik di bagian belakang. Sentuhan logam mendorong ponsel ini nyaman digenggam dan tak kalah saing disandingkan dengan kompetitor.

foto rame

Sumber foto: Hisense.id, situshape.net, slamsr.com, luckysebastian.gadtorade.com, tekno.kompas.com, bantarangin.net, dan arenalte.com

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *