LangitMusik: Aplikasi Musik Paling Asyik

langitmusik

Industri Musik telah berevolusi sedemikian rupa, mulai dari piringan hitam, kaset, compact disc (CD) hingga bisa dinikmati secara digital.

Seiring perkembangan perangkat, musik kini bisa dinikmati dengan berbagai cara. Perangkat walkman dari Sony atau iPod dan iPhone dari Apple juga merubah kebiasaan masyarakat mendengarkan musik.

Distributor musik pun memutar otak untuk mampu menjual musik dari musisi dengan menyesuaikan perkembangan zaman. Beberapa distributor dan perusahaan rekaman pun memiliki strategi unik menjual musik-musiknya.

MIsalnya beberapa waktu lalu marak gerai makanan cepat saji menawarkan paket makanan dengan bonus CD musik. Beberapa minimarket pun menggelar layanan serupa. Namun penjualan musik melalui cara tersebut belum menyejahterakan musisinya, khususnya dari tradisi musik bajakan. Hingga kini, jumlah lagu yang diunduh ilegal diperkirakan mencapai 2,8 miliar per tahun.

Bagaimana pun, musik bajakan saat ini masih susah untuk diberantas, apalagi belum ada niat pemerintah mencari solusi atas kejahatan digital tersebut.

Namun sebagai bukti kecintaan terhadap Tanah Air dan demi mendukung industri musik dalam negeri, setidaknya kita bisa melakukan sesuatu yaitu membeli musik secara legal, baik membeli kaset/ CD atau mengunduhlah musik secara resmi.

Kendalanya, mengunduh musik secara resmi biasanya mahal. Apalagi internet di dalam negeri kita juga masih belum kencang.

PT Melon Indonesia sebagai penyedia musik legal juga berpartisipasi mengurangi pembajakan tersebut melalui layanan aplikasinya. Tahun lalu, Telkomsel dan LangitMusik juga menggelar kampanye anti pembajakan dengan menggelar Langit Musik Festival.

Baru-baru ini, Apple juga merilis AppleMusic yang menyediakan layanan streaming musik secara global. Namun untuk memiliki fitur tersebut, pengguna harus memiliki perangkat Apple, baik iPhone, iPod, atau iPad. Belum lagi biaya langganannya minimal Rp 79 ribu per bulan untuk pribadi. Cukup mahal untuk orang Indonesia yang sebenarnya lebih senang dengan gratisan.

Meski tradisi masyarakat mengunduh musik secara legal belum terbiasa, sesuatu itu bisa dilakukan mulai dari dari kita. Bukankah untuk mengubah bangsa, kita harus mengubah dari diri kita terlebih dahulu?

Telkomsel, sebagai anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) bekerja sama dengan PT Melon Indonesia memiliki layanan terbaru, LangitMusik. Layanan tersebut menawarkan cara baru mengunduh dan streaming lagu secara legal tanpa batas melalui website, WAP, aplikasi mobile (android, blackberry, iOS) atau di desktop.

Screenshot_2015-08-15-20-28-17

Dengan mengaktifkan layanan tersebut, kita bisa mengunduh atau mendengarkan lagu secara streaming maupun offline di ponsel atau perangkat yang kita miliki dengan koleksi lebih dari satu juta lagu lokal dan internasional.

Caranya, kita harus punya ponsel, tablet, desktop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Bila tidak memiliki koneksi paket data, bisa cari layanan wifi (internet nirkabel) di kafe-kafe terdekat.

Kedua, kita harus memiliki kartu SIM Telkomsel, baik Kartu Halo, Simpati, Kartu AS, atau Loop. Kartu tersebut diperlukan untuk registrasi dan mengirimkan kata kunci saat registrasi.

Ketiga, unduh aplikasi LangitMusik di Google Play atau App Store atau masuk melalui website www.langitmusik.com.

Keempat, kita bisa langsung registrasi dengan memasukkan nomor kartu Telkomsel. Untuk kata kunci bisa menekan *323#. Kata kunci dikirim melalui sms dari layanan 96161.

Screenshot_2015-08-15-20-28-29

Screenshot_2015-08-15-20-28-38

Screenshot_2015-08-15-20-28-53

Screenshot_2015-08-15-20-29-18

Screenshot_2015-08-15-20-48-34

Keempat, kita akan disuguhi tampilan berbeda baik di perangkat iOS dan Android atau di website. Navigasi layanannya juga begitu mudah.

Kelima, kita akan disuguhi empat paket langganan. Sesuaikan paket yang kita inginkan. Yang paling mahal hanya Rp 11 ribu per bulan kok. Itu pun sudah bebas unduh atau streaming sepuasnya, asal ada koneksi internet hehehe..

Untuk mencari lagu bisa menekan tombol Find, discover untuk melihat lagu berdasarkan klasifikasinya, mengatur My Music untuk mengisi lagu-lagu yang kita inginkan (tentunya setelah diunduh), katalog, promo hingga karaoke.

Screenshot_2015-08-15-21-21-02

Untuk fitur karaoke harus mengunduh aplikasi secara terpisah. Caranya juga sama dengan mengunduh di App Store atau Google Play. Kita bisa karaoke di perangkat kita sendiri. Kalau hanya mau bernyanyi biasa, kita bisa melihat lirik lagu yang ada di setiap lagu yang diputar, khususnya yang berbahasa Inggris. Jadi kita bisa menyanyi bersama.

iklan karaoke

Kalau kita bingung mencari lagu, LangitMusik menyediakan fitur pencarian lagu berdasarkan mood, ada party, happy, angry, atau galau.

Screenshot_2015-08-15-20-32-48

Uniknya, LangitMusik menyediakan ukuran musik yang lebih kecil dibandingkan musik bajakan di internet. Biasanya satu unduhan musik sekitar 3,5 MB, di LangitMusik hanya sekitar 1,5MB atau bahkan kurang.

Yang lebih mencengangkan lagi, kualitas suara dari unduhan musik di LangitMusik sangat ciamik. Saya coba membandingkan fitur musik di perangkat Apple. Ternyata kualitas suara musik hasil unduhan di LangitMusik lebih ciamik karena sudah mengadopsi teknologi Dolby. Wuidiiih kayak nonton bioskop aja pakai sound system itu. Kalau suara kurang nendang, pengguna bisa mengatur melalui fitur equaliser-nya, baik bass, jazz, pop, rock atau booster lainnya.

Uniknya lagi, saya menemukan murattal yang tidak ada di layanan serupa. Di Google pun susah mencarinya. Lagu-lagu dangdut lama pun bisa saya temukan di sini. Jadi bisa seakan nostalgia.

Screenshot_2015-08-15-21-23-36

Screenshot_2015-08-15-20-34-43

Benar-benar cara menikmati musik paling asyik.

Untuk tutorial LangitMusik di Android bisa dilihat di sini:

Untuk tutorial LangitMusik di Web dan PC bisa dilihat di sini:

Untuk tutorial LangitMusik di BlackBerry bisa dilihat di sini:

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi LangitMusik kerja sama LangitMusik dan Warung Blogger”

Kompetisi Langit Musik

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *