Satu Ponsel Sejuta Kemewahan

Maret lalu, Samsung Electronics telah mengumumkan ponsel terbarunya, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. Produk tersebut dirilis sebulan kemudian di Amerika Serikat dan menyusul ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Sebagai raja ponsel dunia yang mengirimkan penjualan terbanyak, vendor asal Korea Selatan ini optimis tetap merajai industri ponsel dunia dengan terus merilis ponsel inovatif dan ponsel terbaik.

Biasanya, Samsung selalu dibayangi Apple yang merilis iPhone dengan produk premiumnya. Banyak konsumen juga yang mengaku, desain Samsung di seri Galaxy selalu sama dengan ujung membulat.

Namun tahun ini, Samsung menggebrak pasar dengan merilis ponsel yang berbeda dengan sebelumnya. Ini bisa menjadi pukulan telak bagi Apple. Apa saja keunggulan kedua ponsel terbaik Samsung ini?

# Desain Mewah

Sekilas, desain Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge tidak seperti ponsel Samsung sebelumnya. Alih-alih ponsel tersebut dibalut plastik atau kulit imitasi, raja ponsel ini membalut ponsel dengan kaca di bagian depan dan metal di bagian belakang serta menyelimuti seluruh tepinya.

Banyak vendor mulai meniru kebijakan Samsung terkait desain tersebut namun tidak ada yang berhasil. Samsung membalut ponselnya kali ini dengan sentuhan desain mewah sebagai ponsel flagship-nya.

Ujung-ujungnya dibuat bertekstur halus. Desain melengkungnya terasa pas saat pengguna memegang. Jahitan antara kaca dan logamnya terasa fantastis. Meski dibalut kaca, tangan pengguna tak akan tergelincir saat memegangnya.

Di sini, Samsung benar-benar memertimbangkan desain sejak awal dibandingkan menyusun ponsel setelah mengumpulkan semua komponen.

Di bagian depan, Samsung menerapkan mekanisme unlocking dengan sensor sidik jari pada tombol home dan sistem pengaman Knox buatannya. Agar lebih menawan, ponsel ini dirancang unibodi alias bagian belakang tidak bisa dibuka untuk melihat baterai.

Dari pilihan warna bodi, S6 ada warna white pearl, black sapphire, gold platinum, dan blue topaz. Untuk S6 Edge memiliki balutan warna white pearl, black sapphire, gold platinum, dan green emerald.

Alasan Samsung memadukan balutan bodi dengan batuan mulia tersebut karena ingin mengesankan produknya mewah dan berkelas.

Dari bobot, Galaxy S6 hanya memiliki berat 138 gram dan S6 Edge hanya 132 gram. Ketipisannya pun hanya 6,88 mm sehingga sangat nyaman digenggam.

# Layar Cerah

Di bagian layar, Samsung menerapkan salah satu layar terbaiknya yaitu Super AMOLED dengan bentang 5,1 inch ukuran Quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Tingkat kerapatannya pun ditingkatkan menjadi 577 PPI, paling tinggi di antara vendor ponsel lainnya.

Di sini, Samsung memberi keistimewaan bagi penggunanya terkait kecerahan layar sehingga tetap aman dipakai membaca di tempat tidur. Fitur auto-brigtness-nya benar-benar berguna.

Berbeda dengan vendor lain, Samsung juga merilis ponsel unik dengan layar lengkung di kedua sisinya, Galaxy S6 Edge. Ponsel ini merupakan ponsel keren dan akan membedakan dengan ponsel yang sering dibawa pengguna lain, alias tidak pasaran karena desainnya dibuat berbeda dengan ponsel kebanyakan.

Di sisi ponsel Galaxy S6 Edge tersebut, pengguna juga bisa melakukan perintah ke ponsel terkait fitur-fitur di dalamnya, bahkan hanya dengan gerakan satu jempol (ibu jari) saja. Benar-benar ponsel jempolan.

Samsung juga telah menambahkan fitur pengaturan warna, kontak favorit, hingga pemberitahuan cuaca dan waktu meski ponsel dalam keadaan standby.

# Performa Tercepat

Secara jeroan, ponsel ini sudah dibenamkan chipset 64 bit Exynos 7420 (14nm). Prosesor tersebut merupakan seri terbaru Exynos dan prosesor tercepat yang dilengkapi prosesor octa core dan terdiri atas Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57.

Agar kinerjanya makin andal, Samsung pun membenamkan GPU Mali T760 dan RAM 3GB.
Dengan kecepatan RAM tersebut, ponsel ini sudah bisa kencang beroperasi, baik untuk tugas sehari-hari, seperti browsing, email, media sosial, memotret gambar hingga bermain game. Tidak lelet sama sekali.

# Kapasitas Tinggi

Ponsel ini dibekali baterai dengan kapasitas 2.550 mAh (S6) dan 2.600 mAh (S6 Edge). Meskipun kapasitas baterainya tergolong kecil dibanding pesaing, Samsung sudah membenamkan teknologi pengisian cepat secara nirkabel bahkan bisa mengisi 10 menit dengan pemakaian bisa empat jam. Benar-benar super cepat. Pengisian daya juga bisa dilakukan melalui USB.

Dari sisi penyimpanan memori, kedua ponsel ini memiliki memori internal 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Untuk menjaga performa, Samsung tidak menambah daya penyimpanan eksternal.

Cara ini sudah mulai dilakukan vendor agar tidak mengganggu kinerja ponsel akibat memori eksternal yang biasanya membawa virus.

# Tahan Air

Kedua ponsel jagoan Samsung ini juga sudah dibekali tahan terhadap cipratan air. Ingat, bukan tahan air penuh dan aman digunakan untuk menyelam karena memang masih belum aman. Kalau hanya rintik-rintik hujan saja tidak masalah. Biar romantis, apalagi saat berjalan dengan pasangan sambil selfie berdua. Cieee..

# Kamera Indah

Ponsel kini sudah menjadi bagian gaya hidup dan perannya bisa menggantikan kamera digital. Dengan tingkat piksel yang semakin tinggi dan fitur-fitur yang sudah setara kamera profesional (DSLR), Galaxy S6 dan S6 Edge terbilang mumpuni menyediakan kamera dengan hasil yang indah.

Resolusi kameranya mencapai 16MP dengan bukaan diafragma F/1.9. Artinya, cahaya yang masuk akan semakin banyak dan hasil foto akan lebih terang. Jika digunakan untuk memotret di tempat gelap, hasilnya akan lebih terang dibandingkan ponsel lain dengan bukaan lebih besar. Di sini, semakin kecil angka berarti semakin bagus kamera menangkap cahaya.

Untuk mengurangi goyang, kedua ponsel anyar ini dibekali fitur Optical Image Stabilization (OIS) sehingga pengguna tidak perlu penyangga (tripod) lagi.

Untuk menghasilkan video terbaik, Galaxy S6 dan S6 Edge telah dibekali Auto Real-Time High Dynamic Range (HDR) dengan resolusi 4K Ultra HD pada kecepatan 30 fps, resolusi 1080p pada kecepatan 60 fps dan resolusi 720p pada slow motion 120 fps.

Maksudnya, kedua ponsel ini sudah memiliki performa tinggi dan dapat mengambil foto atau video dengan cepat. Benar-benar menjadi kamera ponsel terbaik.

Fitur-fitur keren lainnya yang bisa dicoba yaitu back side illuminated sensor (BSI), IR Detect White Balance, autofocus, touch to focus, AF Assist Beam, exposure compensation, ISO control, face detection, smile detection, burst mode, digital zoom, dan geo tagging. Fitur-fitur ini hanya banyak dimiliki kamera profesional (DSLR).

Jadi bagi pengguna atau blogger seperti saya yang perlu menulis blog dengan cepat dan segera pamer ke akun media sosial, kamera Galaxy S6 dan S6 Edge patut diperhitungkan.

Bagi yang doyan selfie, Samsung pun sudah membekali kamera depan dengan resolusi 5MP. Ciiiisss..

# Fitur Unik

Hanya dengan sekali sentuhan, kedua ponsel ini bisa dihubungkan dengan Samsung Smart TV via Bluetooth Low Energy (BLE). Dengan mudah, ponsel ini menampilkan film dari layar ponsel ke layar televisi atau berbagai layar televisi ke ponsel pengguna. Menarik kan?

Samsung juga membekali sistem pembayaran, Samsung Pay. Fitur ini dinilai lebih unggul karena tidak menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) yang tidak dimiliki toko. Fitur Samsung Pay dianggap lebih fleksibel karena memiliki sistem pembayaran elektronik yang sesuai dengan pembayaran di toko.

Untuk bisa membawa pulang ponsel tersebut, Samsung membanderol ponsel Galaxy S6 sekitar Rp 9,9 juta (32GB), Rp 11,4 juta (64GB), dan Rp 13 juta (128GB). Galaxy S6 Edge dibanderol Rp 12,2 juta (32GB), Rp 13,6 juta (64GB), dan Rp 15 juta (128GB). Tertarik membeli?

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover