Gula Donat Dunkin’ Berbahaya?

dunkin-donuts

Dunkin’ Donuts akan mengurangi porsi kandungan titanium dioksida pada gula bubuk yang ditaburkan pada donat yang dijualnya. Kandungan tersebut berfungsi agar gula bubuk terlihat lebih terang. Kandungan ini juga digunakan dalam tabir surya dan cat.

Kelompok As You Sow berpendapat, titanium dioksida dapat merusak kromosom dan DNA manusia. Ïni adalah keputusan inovatif. Dunkin’ telah menunjukkan kepemimpinannya dengan menghapus bahan yang berpotensi membahayakan mausia,”kata Presiden As You Sow, Danielle Fugere.
Dunkin’mengklaim kandungan tersebut tidak dilarang Badan Makanan dan Obat-obatan AS serta tidak cukup informasi yang menyebut membahayakan manusia.
Kelompok As You Sow menyebut, kandungan titanium dioksida bersifat nanomaterial, meski tidak diatur dan dilarang Badan Makanan dan Obat-obatan AS. Äsbes juga nanomaterial. Bahan tersebut bisa merugikan perusahaan yang bisa mengganggu kesehatan,”kata kelompok tersebut.
Dunkin’Donuts mengklaim titanium dioksida tidak memenuhi definisi nanomaterial seperti diuraikan Badan Makanan dan Obat-obatan AS terseut. “Tapi kami akan membuat perubahan dan menghapus bahan kimia dari donat tersebut,”katanya.
Sumber: CNN

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *