Kejutan dari Gatsby

Beberapa hari lalu saya membeli sabun cair Gatsby dari PT Mandom Indonesia. Saya biasa membeli sabun cair berukuran 500 ml dan menuangkannya ke botol yang sudah saya miliki sebelumnya. Cara ini lebih murah dibanding membeli sabun cair botolan langsung.

Setiba di kamar, saya langsung menuangkan sabun cair ke tiga botol berukuran 250 ml, 100 ml dan 100 ml. Karena saya membeli ukuran 500 ml, berarti ada sisa 50 ml yang bisa disimpan dalam pouch.

Tapi ternyata di botol ketiga ukuran 100 ml, botol pun hanya terisi setengahnya. Ini berarti isi pouch kurang dari 500 ml.

Saya pun protes ke Mandom melalui akun Twitternya @MandomIndonesia. Saya sempat ragu mau mention ke akun tersebut karena kok followersnya sedikit. Padahal akun sabun mandi pesaing memiliki jumlah pengikut ribuan.

“Apa salahnya mencoba. Toh saya hanya menyampaikan keluhan. Kalau ditanggapi, alhamdulillah. Kalau tidak, ya syukurilah,” pikirku.

Sehari kemudian, saya kaget mendapat email dari Corporate Secretary Mandom. “Tahu dari mana ya email guwe? Padahal saya tidak mencantumkan email atau data diri pada akun Twitter. Entahlah,” kataku.

Isi balasan dari Mandom menyebut permintaan maaf atas produknya. Namun mereka meminta foto produk dan takaran yang digunakan. Lantas saya pun membalas email tersebut dan saya bilang menakar dengan botol sabun merek Biore dengan ukuran di atas.

Sehari kemudian, mereka membalas emailku lagi. Mereka menjelaskan nominal isi botol biasanya mengecoh pelanggan juga. Itu juga tidak berarti kalau membeli 100 ml, isinya juga 100 ml, pasti kurang.

“Berarti mereka juga sama-sama menipu donk,” pikirku.

Sebagai permintaan maaf, Mandom mengirimkan produk Gatsby. Sebenarnya saya tidak menginginkan produk ini. Namun saya ingin keluhan saya didengar.

Mungkin banyak produsen lain memberlakukan cara serupa dengan Mandom ini atau malah merek Biore yang hanya seenaknya mencantumkan ukuran tapi tidak mengisi sesuai ukurannya.

Entahlah mana yang benar dan mana yang salah. Tapi saya menghargai respon yang diberikan Mandom. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya dan mencoba menjadi pelanggan setia Mandom, terutama sabun cairnya.

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (2)

  • saya pengguna sabun cair gatsby yang setia loh.pas baca artikel ini, ya ada kecewa nya sedikit sama pt madom. tolong dong ke depan nya pt madom di perbaiki lagi masalh takaran dan berkembangan sabun nya agar lebih baik. saya bakal jadi pengguna setia produksi madom. tapi tolong semua nya di perbaiki lagi ya :) makasi

    • Hingga saat ini saya juga masih setia memakai Gatsby. Selain wanginya enak, harganya pun murah. Ini bisa jadi pembelajaran bagi produsen lainnya agar tidak menyepelekan keluhan konsumen.