Tergeser Produk China, Pamor Apple Merosot

Setelah Amerika Serikat, China merupakan pasar kedua terbesar dari Apple. Namun sayang, pamor produsen iPhone dan iPad ini merosot di negara tirai bambu tersebut.

Managing Director China Market Research Group Shaun Rein mengatakan, konsumen di China mulai beralih menggunakan tablet atau ponsel murah baik besutan dari vendor luaran China atau besutan produksi negaranya sendiri.

Bahkan vendor lokal seperti Ramos, Teclast, ZTE dan Huawei pun mulai memiliki pangsa pasar tersendiri bagi masyarakat China. Begitu juga hal tersebut akan menguntungkan bagi vendor Samsung asal Korea Selatan.

“Apple telah kehilangan pamornya di China dalam enam bulan terakhir. Konsumen sangat sensitif terhadap harga. Dulu, masih ada orang yang akan melewatkan jatah makan siangnya demi untuk membeli iPad,” kata Rein seperti dikutip Bloomberg.

Berdasarkan data IDC, hingga kuartal II-2013, Apple mengontribusikan pengiriman tablet hanya 28 persen, turun dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 49 persen. Sementara posisi kedua dinikmati oleh Samsung yang memiliki kenaikan 11 persen.

Sementara sisanya diperebutkan oleh vendor lokal China. Misalnya seperti Lenovo yang berada di urutan ketiga dengan pengiriman naik 8 persen, turun dari 9 persen di tahun lalu. Sementara Acer dan Asus sama-sama memiliki kenaikan hanya 1 persen.

Vendor lain yang merangsek di antara 10 jajaran vendor di China adalah Redmond (vendor asal Washington), Huawei dan ZTE yang sama-sama berasal dari kota selatan Shenzhen China.

Dari sisi jumlah, pengiriman tablet Apple naik 28 persen menjadi 1,48 juta unit iPad. Sementara Samsung memiliki kenaikan hingga empat kali lipat menjadi 571.000 unit dan Lenovo memiliki kenaikan pengiriman dua kali lipat menjadi 413.000.

Kesuksesan vendor lokal untuk menantang vendor besar seperti Apple dan Samsung ini karena vendor lokal mampu memanfaatkan rantai pasokan yang sama di negaranya sendiri. Misalnya di Shenzhen yang memproduksi komponen untuk banyak nama-nama merek tablet atau ponsel. Hal inilah yang menyebabkan ratusan pembuat ponsel semakin berkembang di China.

“Pasar tablet terfragmentasi dengan banyak pemain lokal. Para vendor dalam negeri juga memanfaatkan momentum ketiadaan produk baru dari Apple untuk terus menggempur dengan produk baru khas lokal,” kata analis IDC, Chang.

Peneliti pasar Canalys mengatakan, pengiriman iPhone di China turun 5 persen di kuartal II-2013, dibanding tahun sebelumnya yang masih naik 9 persen. Nilai ini merupakan pangsa pasar terendah Apple sejak kuartal IV-2010. Sementara Samsung memegang posisi teratas dengan pangsa 18 persen.

Analis dari Analysys International, Wang Jun mengatakan, Apple memang berencana merilis ponsel baru di September mendatang. Namun jika rencana tersebut gagal, maka Android akan mendominasi pasar.

“Android telah cepat menangkap pasar tablet PC dengan kekuatan menghancurkan. Android memiliki harga yang murah namun nilai produknya tetap tinggi,” kata Wang.

Sumber: Bloomberg

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *